Berbagi Dengan Anda Bisa Memberikan Manfaat Untuk Anda Dan Juga Kami Sebagai Penulis.

Jumat, 29 Mei 2015

Cara Terbaik Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara Terbaik Mengatur Keuangan Rumah Tangga - Sebuah keluarga tentunya ingin memiliki kondisi keuangan yang baik, untuk itu sebaiknya lakukan pengelolaan uang agar jumlah pengeluaran dapat digunakan untuk hal yang perlu saja. Apalagi untuk keluarga yang baru saja dibangun, sebaiknya sedini mungkin dalam mengatur keuangan. Agar di usia pernikahan selanjutnya uang tidak akan menjadi masalah yang dapat menyebabkan keretakan rumah tangga. Berikut beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga yang bisa anda dan pasangan anda lakukan :

Cara Terbaik Mengatur Keuangan Rumah Tangga
Cara Terbaik Mengatur Keuangan Rumah Tangga
1. Catat pemasukan dan pengeluaran
Cara mengatur keuangan rumah tangga yang pertama adalah catat pemasukan dalam keluarga. Jika seorang suami dan istri sama-sama bekerja dan memiliki penghasilan, alangkah baiknya pemasukan tersebut dibicarakan dan diatur. Kemudian catatlah pengeluaran apa saja dalam keluarga. Misalnya untuk kebutuhan bulanan, dicatat terlebih dahulu apa saja yang akan dibeli dan digunakan.

Usahakan barang yang tidak terlalu berguna dan kurang memiliki manfaat jangan dibeli, sehingga akan menghemat pengeluaran bulanan. Setelah itu, jatah pengeluaran anak untuk sekolah adalah yang paling penting. Hitung apa saja yang dibutuhkan anak untuk sekolah. Setelah itu jika ingin liburan sebaiknya pilih tempat yang murah akan tetapi tetap bisa berkumpul bersama keluarga.

2. Menabung
Menabung sangat penting jika tiba-tiba ada kebutuhan mendadak dan tidak memiliki uang, tabungan bisa digunakan. Sebaiknya sisihkan berapa persen untuk menabung, karena menabung sangat bermanfaat.

3. Ikut asuransi
Cara mengatur keuangan rumah tangga ini diperlukan untuk sebuah keluarga, misalnya asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan sangat diperlukan di masa depan anak. Jika nantinya anak harus kuliah, anak bisa menggunakan asuransi pendidikan yang telah dilakukan oleh orang tuanya. Dengan asuransi pendidikan, kebutuhan uang untuk kuliah anak tidak akan menjadi berat.

4. Hindari gaya hidup mewah dan berlebihan
Jika anda dalam kondisi keuangan yang cukup atau terbatas, hindari gaya hidup mewah. Seperti harus punya ini itu layaknya orang lain, agar tidak dipandang rendah. Memang semua orang tidak ingin dipandang rendah, akan tetapi bila kondisi keuangan anda tidak cukup untuk membeli barang mewah, seperti perhiasan. Apakah harus menggunakan uang bulanan untuk membeli perhiasan?. Yang ada justru kebutuhan bulanan tidak akan tercukupi dan membuat kondisi keluarga semakin kacau. Alangkah baiknya hidup sederhana tanpa harus memikirkan ingin memiliki barang mewah untuk ditunjukkan kepada orang lain, karena status sosial.

5. Hindari hutang
Hutang memang salah satu alternatif kala kita terdesak kebutuhan dan tidak memiliki uang. Akan tetapi sekecil mungkin tekan keinginan untuk hutang, karena hutang akan menguras tenaga dan pikiran untuk kita memikirkan bagaimana cara membayarnya. Jika terpaksa harus hutang, sebaiknya secukupnya saja, jangan sampai utang tapi kita tidak bisa mengangsur tiap bulan atau minggunya. Hutang boleh asalkan ada sejumlah uang tiap minggu atau bulannya untuk mengangsur. Hindari juga hutang pada rentenir. Hutang pada rentenir akan membuat kondisi keuangan justru akan semakin buruk, karena bunga yang dibebankan.

Semoga cara mengatur keuangan rumah tangga di atas bisa membantu dan menginspirasi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Terbaik Mengatur Keuangan Rumah Tangga

0 komentar:

Posting Komentar