Berbagi Dengan Anda Bisa Memberikan Manfaat Untuk Anda Dan Juga Kami Sebagai Penulis.

Rabu, 11 Februari 2015

Tips Menjaga hubungan dengan Mertua

Menjaga Hubungan dengan Mertua - Alangkah baiknya, setelah sesudah menikah tiap-tiap pasangan suami istri tinggal dirumah sendiri dan terpisah dari orangtuanya masing-masing. Tahun-tahun awal saat pernikahan bakal jadi saat untuk Anda untuk sama-sama menyelami lebih dalam perihal kepribadian pasangan Anda, dan lakukan penyesuaian diri yang dibutuhkan. Dengan tinggal dirumah yang terpisah dari orangtua, Anda bakal belajar melakukan kehidupan berkeluarga Anda dengan cara mandiri dan merasa lebih bebas dalam mengatur kehidupan keluarga Anda tanpa ada dibayang-bayangi oleh campur tangan pihak lain. 

Tips Menjaga hubungan dengan Mertua
Mertua
Sayangnya, tak seluruhnya pasangan bisa wujudkan keadaan ideal seperti ini. Keadaan-keadaan spesifik seperti keadaan keuangan, situasi keluarga dan kesehatan orangtua salah satu pasangan, maupun kondisi yang lain terkadang mengharuskan Anda untuk tinggal serumah dengan orangtua Anda atau orangtua pasangan Anda sesudah Anda menikah. 

Tinggal berbarengan orangtua salah satu pasangan dan usaha bangun jalinan yang baik dengan mereka terkadang bisa jadi tantangan yang susah dalam kehidupan pernikahan. Jalinan pada menantu wanita dengan orangtua suaminya atau demikian sebaliknya pada menantu laki-laki dengan orangtua istrinya perlu disikapi dengan cara benar. Campur tangan orangtua dari salah satu pihak yaitu hal yang seringkali dikira sebagai pemicu ketidakharmonisan jalinan seperti ini. Walau Anda tak tinggal serumah dengan orangtua pasangan Anda, kemelut jalinan sejenis ini bisa Anda alami. 

Tanpa ada melihat situasi ataupun pemicunya, kita bisa bangun sikap yang benar agar jalinan kita dengan orangtua pasangan kita terus terpelihara dengan baik. Berikut ini yaitu beberapa anjuran yang bisa Anda aplikasikan : 

Rasa hormat 
Tunjukkanlah sikap yang penuh rasa hormat pada orangtua pasangan Anda. Beri perhatian dan perlakukanlah mereka seperti orangtua Anda sendiri. Jagalah sikap dan pembawaan Anda agar tak menyebabkan kesan yang kurang baik dalam pandangan mereka pada Anda. 

Tips Menjaga hubungan dengan Mertua
Tips Menjaga hubungan dengan Mertua
Pengertian 
Terimalah dengan penuh pengertian beberapa hal yang mungkin saja kurang sudi di hati Anda. Dalam beberapa hal Anda mungkin saja merasa tak nyaman, tetapi pahamilah bahwa ketidaknyamanan itu berlangsung dengan cara lumrah karena ketidaksamaan kultur rumah tangga pada keluarga Anda dan keluarga pasangan Anda. Anda perlu lakukan sedikit penyesuaian. 

Apabila ada beberapa hal yang bersumber dari kearifan orangtua pasangan Anda yg tidak searah dengan pandangan Anda, sadarilah bahwa mereka tak tumbuh dan di besarkan sezaman dengan Anda. Pengalaman hidup merekapun tidak sama jauh dengan pengalaman Anda. Pengalaman hidup mereka sudah menumbuhkan keyakinan-keyakinan spesifik dalam diri mereka, dan beberapa dari kepercayaan itu, umpamanya perihal langkah mengasuh anak atau hal yang lain mungkin saja saja tak sesuai sama idealisme Anda, maklumilah hal semacam itu. Terlebih-lebih apabila orangtua pasangan Anda telah lansia, kepekaan dan sensitifitas mereka telah tak sebagus Anda. Manfaatkanlah perasaan Anda untuk mengerti mereka. Ingatlah bahwa satu waktu Andapun bakal jadi orangtua seperti mereka. 

Untuk hal yang sehubungan dengan anak-anak, milikilah pemahaman bahwa kakek dan nenek umumnya mau tunjukkan kasih sayang dan perhatian yang semakin besar pada cucu-cucu mereka lewat cara memanjakan mereka. Biarkan anak-anak Anda mempunyai kedekatan dengan kakek-nenek mereka. Janganlah menghindari mereka. 

Kesan positif 
Sebagai orangtua, tentu saja mereka perduli degan kesejahteraan anak mereka yakni pasangan Anda. Mereka sudah mengorbankan beberapa hal untuk mengasuh dan membesarkannya. Oleh karenanya mungkin saja saja ada emosi-emosi lembut dan terselubung yang mereka punyai pada anak mereka. Emosi sejenis itu bisa berbentuk rasa kehilangan perhatian atau kecemasan lain saat saat ini ada orang lain yang sudah jadi pusat perhatian dalam kehidupan anak mereka yakni Anda dan anak-anak Anda. 

Apabila Anda yaitu menantu pria, tunjukkanlah bahwa Anda yaitu seseorang suami yang baik, bertanggungjawab, dan bisa dihandalkan sebagai pelindung untuk anak wanita mereka. Demikian sebaliknya apabila Anda yaitu menantu wanita, tunjukkanlah bahwa Anda yaitu seseorang wanita yang baik, bisa diakui, dan penuh kasih sayang dan perhatian untuk anak laki-laki mereka. Perlihatkan juga bahwa Anda juga menyayangi mereka. Hal semacam ini bisa menolong kurangi kekhawatiran-kekhawatiran sejenis itu. 

Komunikasi 
Sebisa mungkin saja bangunlah pola komunikasi yang terbuka pada Anda dengan orangtua pasangan Anda. Untuk meredam kemungkinan munculnya kesalahpahaman nyatakanlah pendapat Anda dengan cara terang dan penuh kesantunan. Berusahalah untuk menyelami beberapa hal sebagai keprihatinan mereka. Dengan cara aktif mintalah anjuran dan nasehat dari mereka, belajarlah dari pengalaman dan kebijaksanaan mereka. Hal semacam ini bakal menolong mereka untuk merasa lebih dihargai. 

Penyesuaian diri dengan tradisi 
Apabila pernikahan Anda yaitu pernikahan antarbudaya, hormatilah kebiasaan dan kebiasaan istiadat keluarga pasangan Anda. Untuk beberapa orangtua, penyesuaian diri pada kebiasaan istiadat adalah hal yang utama. Menyelami budaya lain bisa jadi suatu hal yang mengasyikkan. 

Terkecuali lima hal yang di jabarkan diatas tentu saja terdapat beberapa sikap positif yang lain yang bisa Anda kembangkan sendiri untuk melindungi keharmonsian jalinan Anda dengan orangtua pasangan Anda. Jalinan baik dengan orangtua pasangan ingin juga orangtua Anda sendiri, bakal beresiko pada perkembangan psikologis anak-anak Anda. Berilah mereka teladan yang baik untuk ditiru. Berdamailah dengan mertua Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Menjaga hubungan dengan Mertua

0 komentar:

Posting Komentar